PENGAWASAN KSP/USP KOPERASI

Foto untuk : PENGAWASAN KSP/USP KOPERASI
Share

LAPORAN HASIL PENGAWASAN

KSP/USP KOPERASI

TANGGAL 20 SEPTEMBER 2017

 

Pengawasan dilakukan terhadap : KSP Sehati Makmur Abadi

dilaksanakan pada : Hari Rabu tanggal 20 September 2017

Hasil Pengawasan :

  1. KSP Sehati Makmur Abadi tidak tercatat dalam daftar umum koperasi yang badan hukumnya diterbitkan di Kabupaten Lombok Barat
  2. KSP Sehati Makmur Abadi tercatat sebagai koperasi yang badan hukumnya diterbitkan Kemeterian koperasi (Badan Hukum Pusat)
  3. Berdasarkan informasi dari karyawan KSP Sehati Makmur Abadi, koperasi ini memiliki cabang di Kota Mataram, sedang di Lombok Barat belum mengajukan permohonan pembukaan kantor cabang.
  4. Sebelum membuka kantor cabang KSP Sehati Makmur Abadi sudah membuka kantor kas.
  5. Sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor 15 tahun 2015 tentang Usaha Simpan Pinjam Oleh Koperasi dalam hal pembukaan jaringan pelayanan dengan ketentuan sebagai berikut :

(1) Untuk mendekatkan jarak pelayanan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada anggota, baik pelayanan jasa simpanan maupun pemberian pinjaman, KSP dan USP Koperasi melalui koperasinya dapat membuka jaringan pelayanan berupa Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas.

(2) Pembukaan Kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu usaha simpan pinjam oleh koperasi dapat dilaksanakan setelah KSP dan USP Koperasi yang bersangkutan melaksanakaan kegiatan simpan pinjam sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun dan mempunyai anggota sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) orang di daerah yang akan dibuka jaringan pelayanannya.

  1. Pembukaan kantor kas setelah KSP dan USP Koperasi yang bersangkutan melaksanakan kegiatan simpan pinjam sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan usaha simpan pinjam mulai beroperasi dengan jumlah anggota sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) orang.

 

  1. Untuk pembentukan kantor kas maka sesuai dengan ketentuan koperasi harus :
  1. memiliki kantor cabang dan kantor cabang pembantu; dan
  2. nama calon kepala kantor kas.

  1. Berdasarkan pemantauan yang kami lakukan, KSP Sehati Makmur Abadi belum memenuhi aspek legalitas sebagaimana yang disyaratkan dalam Peraturan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor 15 tahun 2015 tentang Usaha Simpan Pinjam Oleh Koperasi.
  2. Dengan memperhatikan dan pertimbangan aspek legalitas dan prosedur pengoperasian Kantor Kas KSP Sehati Makmur Abadi yang beralamat di jln raya daan geres tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku, dengan demikian direkomendasikan untuk ditutup hingga pihak KSP Sehati Makmur Abadi memenuhi persyaratan dalam ketentuan peraturan yang berlaku.

 

Gerung, 26 September 2017

Kepala Bidang Pengawasan

 

 

 

Hj. Dewi Dahliana, SE.

NIP. 19700622 199503 2 006

Sambutan